Profesor Pisang dari Dusun Ponggok Ternyata Lulusan SMP

Vinkmag ad

Ayo ayo, keripik pisangnya, mas … hehehe

Siapa sih yang nggak suka makanan ringan berbahan dasar pisang ini? Rasanya yang enak dan juga gurih bikin kita semua pengen lagi dan lagi, ya nggak?

Eh, tapi tau nggak kalau ternyata, ada seorang petani pisang yang cukup berjasa nih dalam dunia keripik pisang (wiih, dunia keripik pisang? Apaan tuh hahaha)

Inilah Pak Lasiyo, seorang petani pisang yang berasal dari Dusun Ponggok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Apa sih hebatnya beliau? Eitts…jangan salah. Nggak sekedar menanam pisang dan memanennya menjadi olahan makanan ringan, Pak Lasiyo ini juga ternyata berjasa dalam budidaya pisang di desanya lho.

Meski hanya berbekal pendidikan Paket B, yang sekarang setara dengan SMP, ternyata Pak Lasiyo ini mampu membuat sebuah penangkaran bibit pisang di daerahnya. Wah wah wah … tak heran deh, kalau beliau ini dijuluki Professor Pisang.

Produknya pun dinilai bersih lingkungan, artinya tidak sekedar memanen tanpa berpikir bagaimana kelanjutan hidup si tanamannya. Nah, untuk itu, beliau pun membudidayakan bibit-bibit pisang yang mudah dan siap ditanam. Bahkan, Sang Professor Pisang ini mau menjamin uang kembali jika bibit yang dibelinya gagal dan tidak tumbuh, asalkan perawatannya sesuai ya hehehe

Nah, berkat kerja kerasnya inilah, akhirnya Pak Lasiyo sampai juga di Italia. Keren nggak tuh? Tahun 2016 lalu, Pak Lasiyo diundang oleh komunitas pangan di Italia untuk membagi ilmunya tentang cara membuat bibit pisang anti gagal.

CNN Indonesia pun penasaran dan mengulas banyak hal tentang beliau. Nah, kalau sobat sekalian juga penasaran, langsung yuk tonton aja videonya!

Overview

Aktual
4 / 5
4
Inspiratif
3 / 5
3
Bermanfaat
4 / 5
4
Menarik
4 / 5
4

0 Reviews

0
(0)
0 Votes

Write a Review

Read Previous

Perempuan Penjaga Hutan Tambrauw Seluas 1,1 juta Hektar

Read Next

Rafidah, Dokter Muda Berusia 17 Tahun