Bukti Kehebatan Anak Bangsa? Inilah 5 Unicorn di Indonesia

Vinkmag ad

Apa itu Unicorn? Eits, bukan kuda bersayap yang ada tanduknya ya…

Buat kalian para penggila usaha atau enterpreneurship, pasti udah nggak asing deh sama istilah Unicorn ini. Ya, Unicorn adalah julukan untuk perusahaan startup yang sudah memiliki nilai yang sangat besar di usianya yang masih sangat muda.

Sebetulnya apa arti unicorn itu?

Beberapa literatur sampai lembaga riset internasional menuliskan unicorn adalah sebuah perusahaan startup yang memiliki valuasi nilai hingga US$ 1 miliar.

Valuasi startup sendiri adalah nilai ekonomi dari bisnis yang dilakukan sebuah startup.

CB Insight menuliskan riset pada Januari 2019, saat ini sudah ada 300 unicorn di seluruh dunia. Kemudian, yang lebih tinggi kastanya adalah decacorn di mana bervaluasi US$ 10 miliar. Adapun hectocorn bernilai US$ 100 miliar.

  • Unicorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 1 miliar
  • Decacorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 10 miliar
  • Hectocorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 100 miliar

Di video kali ini, CNBC Indonesia akan mengulas apa saja startup di Indonesia yang sudah masuk dalam kategori Unicorn. Tak disangka-sangka, ternyata hampir semua startup yang kita tahu sudah masuk kategori ini lho, sebut saja Gojek, siapa sih yang nggak kenal Gojek? Siapa yang nggak pernah pakai Gojek, setidaknya sekali seumur hidup? Hampir nggak ada deh kayaknya. Apalagi sekarang Gojek sudah memiliki banyak fitur dan juga service yang lebih dari sekedar ojek semata.

Namun, siapa sangka bahwa ternyata Gojek bukanlah Startup dengan nilai perusahaan paling tinggi, lho. Jadi, Gojek bukanlah raja Unicorn-nya, hehehe…kok bisa ya? Padahal kan gojek sudah terhitung sukses dan ada dimana-mana. Terus siapa dong yang jadi raja Unicorn-nya?

Nah, selain Gojek, tentunya masih ada lagi startup lain seperti Tokopedia, sang raja online shop. Tokopedia juga diklaim masuk ke dalam kategori Unicorn karena nilai perusahaannya yang terus meningkat.

Sebenarnya, apa sih yang membuat startup kaya? Ternyata, perusahaan startup tidak atau belum mendapatkan untung lho dari bisnis mereka. Lalu, uangnya datang darimana? Ya, dari investor. Inilah yang membuat startup berlomba-lomba untuk masuk dalam kategori Unicorn. Karena, semakin tinggi nilai mereka, semakin banyak pula investor yang mau memberi modal kepada mereka. Akhirnya, jadi makin kaya deh si-unicorn ini.

Nah, siapa ya yang kira-kira ada di posisi pertama? Penasaran? Jangan kemana-mana ya, simak video dari CNBC Indonesia yang satu ini.

Overview

Aktual
4 / 5
4
Inspiratif
3 / 5
3
Bermanfaat
2 / 5
2
Menarik
3 / 5
3

0 Reviews

0
(0)
0 Votes

Write a Review

Read Next

Penemu Listrik dari Pohon Kedondong Ternyata Masih Sangat Muda